Yuk Ikutan, Kodim 0715/Kendal Gelar Lomba Mural untuk Perkuat Nilai Patriotisme

BATANGPOS.COM – Kodim 0715/Kendal bersama PT Industri Gula Nusantara (PT IGN) Kendal, akan menggelar lomba mural “Dandim Cup Mural Competition”. Kegiatan dalam rangka launching Kampung Pancasila ini akan dilaksanakan pada Sabtu (26/3) dan Minggu (27/3).

Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii mengatakan, lomba mural memperebutkan Piala Komandan Kodim Kendal tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai patriotisme kepada warga dengan mengamalkan nilai Pancasila melalui seni mural.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Kampung Cepiring sebagai Kampung Pancasila. Harapannya bisa memperkuat nilai patriotisme dan ideologi kepada generasi muda, warga dan para pegiat seni mural, yang mereka tuangkan dalam kegiatan ini,” ujar Dandim, Jumat (25/3/2022).

Letkol Inf Jenry menegaskan, bahwa akhir-akhir ini sedang mencuat paham-paham radikal anti Pancasila di Indonesia. Untuk itu, perlu dilakukan penanaman ideologi kepada warga supaya tidak terpengaruh paham tersebut.

“Jadi penanaman ideologi Pancasila ini sangat penting bagi generasi selanjutnya sebagai penerus. Meskipun di lingkup pendidikan sudah ada, namun implementasi secara real diharapkan dapat dilaksanakan sehingga mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Dandim.

Direksi PT Industri Gula Nusantara (IGN) Kendal, Mohamad Sunhaji berharap, dengan acara lomba mural ini, akan bisa menjadi wadah untuk mengekspresikan karya kreatif para seniman mural dan bisa menjaring bibit muda berbakat dari Kabupaten Kendal.

“Dengan lomba mural yang artistik dan berbudaya ini, kita berharap area wilayah Cepiring menjadi lebih berwarna dan menjadi salah satu tujuan destinasi bagi wisatawan, di samping itu dengan dijadikannya Cepiring menjadi Kampung Pancasila, semua warga Cepiring diharapkan akan semakin memaknai bahwa Pancasila adalah satu-satunya landasan bernegara yang baik, semakin meningkatkan rasa gotong royong dan toleransi dalam kehidupan sehari hari ” ujarnya.

Mohamad Sunhaji juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Kodim 0715/Kendal dan Koramil 05/Cepiring yang telah membuat even ini.

“Kami yakin, dengan adanya desain mural yang cantik  akan menambah keindahan sekaligus mendukung program pariwisata di Kabupaten Kendal,” pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 05/Cepiring, Kapten Inf Siswanto selaku Ketua Panitia menjelaskan, tema lomba mural Dandim Cup yang dilakukan di area Pabrik Industri Gula Nusantara Cepiring Kendal adalah Kampung Pancasila Untuk Indonesia Lebih Maju. Lomba ini bisa diikuti peserta pribadi/perseorangan atau tim maksimal tiga orang.

“Kuota peserta adalah 20 tim mural maupun pribadi atau perseorangan, bisa dari warga sekitar, komunitas seniman mural, pelajar dan mahasiswa dari seluruh Kabupaten Kendal. Cat dari panitia, sedangkan alat lukis peserta bawa sendiri,” terangnya.

Untuk hadiah, lanjut Siswanto, panitia menyediakan untuk juara I sebesar Rp 3 juta, juara II sebesar Rp 2 juta dan juara III sebesar Rp 1 juta. Pemenang juga akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari Komandan Kodim 0715/Kendal.

“Masyarakat bisa mendaftarkan di mas Sembara Kemangi di nomor whatsapp 0857-0233-0469 dan Imannuel Samudra di nomer 0881-6733-292. Atau bisa mendaftar secara offline, ke Petugas Piket di Markas Koramil 05/Cepiring,” pungkasnya. (HS-06).